Rabu, 03 Februari 2010

Forum Sahabat dan Murid Qardhawi yang Kedua akan digelar Jumat besok

Doha – Akan digelar pada Jumat depan –insya Allah- di Doha, forum resmi temua sahabat dan murid Qardhawi, dengan fokus utama akan membahas fiqh qardhawi dan manhaj pertengahannya (wasatiyah), serta peranannya dalam meletakkan pondasi madrasah wasathiyah kontemporer dalam bidang fiqh.

Direncanakan dalam pertemuan tersebut, selama sepekan penuh akan membahas seputar manhaj fiqh dan dakwah Syeikh Qardhawi, dimana Syekh Qardhawi akan berdialog dengan para peserta, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar dasar manhaj wasatiyahnya yang terkenal dengan cara pandangan yang menyeluruh (overall vision), yang seimbang dan mencerahkan, yang berpijak di atas landasan kemudahan dalam fatwa dan dakwah. Juga manhaj yang menyeimbangkan antara prinsip-prinsip syar’I dan perkembangan kontemporer. Begitu pula manhaj yang berpijak atas ijtihad yang bersumber dari ahlinya dan pada tempatnya, dan atas dasar dialog terbuka, serta toleransi pada yang mereka yang berbeda.

Pengorganisasian Forum ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan atas rekomendasi dari Forum Pertama yang diadakan dan diperluas di Doha pada bulan Juli 2007. Forum Jumat besok nanti akan berformat tertutup dan terbatas pada setidaknya 60 peneliti dan akademisi dari para sahabat dan murid Qardhawi. Yang terkenal diantaranya adalah Dr . Issam al-Bashir (Mantan Menteri Wakaf Sudan), Dr. Salman al-Audah (Arab Saudi), Dr. Tareq Suwaidan (Kuwait), dan Sheikh Rashid Ghannouchi (Tunisia), Dr. Gerakan (Maroko), Dr. Mohiuddin Ali Al-Quradaki (Qatar).

sumber : diterjemahkan dari qaradawi.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname